Cara Berjualan di Instagram

Cara Berjualan di Instagram

Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram

Cara berjualan di instagram yang praktis dan mudah membuat perkembangan dunia media sosial menjadi sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki jiwa dagang yang kuat. Bila dulu Anda harus memiliki lapak atau outlet di pusat perbelanjaan untuk bisa menjual barang dagangan lebih banyak dan cepat maka saat ini dunia maya mulai mengambil alih proses interaksi dan transaksi jual beli.

Bisa dikatakan hampir semua media sosial bisa dijadikan tempat untuk memasarkan produk, namun masing-masing media sosial memiliki karateristik yang berbeda, salah satu yang belakangan ini berhasil mencuri banyak perhatian para peselancar dunia maya adalah Instagram, dimana aplikasi yang pada awalnya lebih dikenal sebagai tempat berbagi foto dan video, saat ini telah menjadi sarana marketing yang sangat ampuh dalam mendapatkan calon pelanggan atau konsumen.

Saat ini diperkirakan pengguna Instagram telah mencapai 250 juta lebih dari berbagai belahan dunia, dengan jumlah unggahan foto sekitar 50 juta setiap hari, hal ini tentu menjadi kesempatan besar untuk menjaring konsumen.

Cara Berjualan di Instagram Penjualan Meningkat 2 Kali Lipat

Berikut ini cara berjualan di instagram yang dijamin bisa meningkatkan penjualan produk anda 2 kali lipat, yaitu :

1. Pastikan Anda menggunakan Smartphone atau Kamera yang Berkualitas
Dasar dari aplikasi Instagram adalah berbagi foto ataupun gambar, maka Anda akan mempublikasikan banyak foto produk. Semakin menarik dan bagus foto yang Anda unggah di Instagram maka semakin banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Alphard masuk garasi

2. Buatlah Akun Instagram dengan Nama Brand
Sebaiknya buatlah akun IG dengan menggunakan nama Brand, hal ini akan membuat produk Anda lebih nampak terpercaya atau profesional. Selain itu penggunaan brand juga dapat membuat produk-produk Anda lebih mudah diingat. Contohnya bila Anda menjual sepatu bot, maka nama akun IG Anda bisa SEPATUBOTKU OLSHOP atau nama-nama unik dan keren hasil kreasi Anda sendiri, apalagi bila ternyata produk yang Anda jual banyak pesaingnya.

3. Isi dengan jelas Profil, No. Telp, Pin BB dan alamat website (bila ada)
Pada akun IG terdapat kolom profil yang bisa Anda gunakan semaksimal mungkin untuk memberikan keterangan tentang profil usaha dan produk, No. telpon, WA, Pin BB, atau website (bila ada). Pastikan Anda mengisinya dengan nomor telepon yang aktif, agar bisa mudah dihubungi oleh konsumen baik untuk memesan, transaksi pembayaran, ataupun bila ada komplain. Respon yang cepat akan sangat berpengaruh pada tingkat ketertarikan dan kepercayaan calon pelanggan, selain itu respon yang cepat juga menjadi salah satu ciri dari profesionalitas.

4. Bila saingan usaha Anda banyak, lakukan strategi marketing “followers”
bila ternyata produk yang akan Anda jual atau pasarkan memiliki banyak kompetitor maka tidak ada salahnya menggunakan strategi marketing “followers”, dimana Anda mencari cara agar jumlah followers semakin banyak, karena semakin banyak jumlah followers maka semakin banyak kesempatan produk Anda terjual. Salah satu cara yang jitu adalah dengan menfollow akun IG yang serupa dengan Anda dan memiliki banyak followers, setelah itu follow sebanyak-banyaknya followers mereka, karena pelanggan mereka juga merupakan target Anda. Hal ini dilakukan agar mereka bisa melihat produk-produk yang Anda jual, bila mereka ternyata tertarik maka mereka akan memfolback (follow balik) IG Anda.

5. Lakukan seleksi produk yang akan di upload dan berikan deskripsi dengan detail
Sebelum mengunggah foto atau video produk Anda, pastikan Anda telah melakukan seleksi dengan bijak, karena kebanyakan orang tertarik membeli sebuah produk melalui Instagram karena melihat foto produk yang unik dan menarik. Setelah itu baru melihat deskripsi dan harganya. Jadi pastikan foto produk yang Anda upload jelas, menarik dan unik. Bila perlu pada bagian bawah gunakan harstag (#) untuk lebih memberikan dukungan yang positif pada produk tersebut. misalnya #sepatubotkece, #piyamalucu, atau #kemejakeren

6. Sebaiknya jawab semua pertanyaan calon konsumen melalui IG
Bila ada pertanyaan dari calon konsumen sebaiknya dijawab dengan jelas dan ramah, jangan pikirkan apakah mereka akan membeli atau tidak, yang penting Anda aktif memberikan jawaban yang sopan pada setiap calon pelanggan yang ingin mencari tahu tentang produk Anda.

7. Sebaiknya Akun IG Anda Jangan Hanya berisi Promosi
Agar followers Anda tidak jenuh dengan promosi atau upload-upload foto produk terus, maka sebagai jeda upload juga foto atau video lain yang dapat menimbulkan respon positif bagi followers Anda, seperti menguload kata-kata atau foto lucu, kata-kata motivasi, atau tips-tips yang berkaitan dengan produk yang Anda jual.

13 orang resign dari kantor

Semoga uraian diatas dapat memberikan referensi yang bermanfaat bagi Anda yang saat ini sedang berencana untuk memasarkan produk melalui Instagram dan sedang mencari tahu Cara berjualan di instagram.

BANNER FREE MEMBER

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Pin BBM : 571D9327 -- WA : 085692001204Klik Disini